contoh proposal arsip

Rencana Bisnis

disusun oleh:

No. Telepon No. Fax

Alamat E-mail Situs Web


DAFTAR HALAMAN

DAFTAR HALAMAN.. 1

1. RINGKASAN EKSEKUTIF. 3

2. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.. 3

2.1 DATA PERUSAHAAN.. 3

2.2 BIODATA PEMILIK / PENGURUS. 4

2.3 STRUKTUR ORGANISASI. 4

2.4 KONSULTAN PENDAMPING.. 4

2.5 SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM... 5

3. ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.. 5

3.1 PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN.. 5

3.2 GAMBARAN PASAR.. 6

3.3 TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU.. 7

3.4 TREND PERKEMBANGAN PASAR.. 7

3.5 PROYEKSI PENJUALAN.. 7

3.6 STRATEGI PEMASARAN.. 8

3.7 ANALISIS PESAING.. 8

3.8 SALURAN DISTRIBUSI. 9

4. ANALISIS PRODUKSI 10

4.1 PROSES PRODUKSI. 10

4.2 BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA.. 11

4.3 KAPASITAS PRODUKSI. 11

4.4 RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI. 11

5. ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM) 12

5.1 ANALISIS KOMPETENSI SDM... 12

5.2 ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM... 13

5.3 RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM... 13

6. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA.. 13

6.1 RENCANA PENGEMBANGAN USAHA.. 13

6.2 TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA.. 14

7. ANALISIS KEUANGAN………………... 16

7.1 LAPORAN KEUANGAN.. 16

7.2 RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI. 19

7.3 RENCANA ARUS KAS (CASH – FLOW) 20

7.4 RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN.. 21

7.5 RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN.. 22

7.6 AGUNAN YANG DIMILIKI. 22

8. ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA.. 23

8.1 DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR.. 23

8.2 DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN.. 23

8.3 ANALISIS RESIKO USAHA.. 23

8.4 ANTISIPASI RESIKO USAHA.. 23

LAMPIRAN.. 25

A. ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS. 25

B. KELENGKAPAN PERIJINAN.. 31

C. PETA LOKASI. 32

D. FOTO PRODUK.. 33

E. DOKUMENTASI PRODUKSI. 34


1. RINGKASAN EKSEKUTIF

2. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

2.1 DATA PERUSAHAAN

1. Nama Perusahaan

2. Bidang Usaha

3. Jenis Produk / Jasa

4. Alamat Perusahaan

5. Nomor Telepon/Fax

6. Alamat E-mail

7. Bank Perusahaan

8. Bentuk Badan Hukum

9. Nomor Akte Pendirian

10. N P W P

11. Mulai Berdiri

2.2 BIODATA PEMILIK / PENGURUS

1. Nama

2. Jabatan

3. Tempat dan Tanggal Lahir

4. Alamat Rumah

5. Nomor Telepon

6. Nomor Fax

7. Alamat E-mail

8. Pendidikan Terakhir

9. Pengalaman Kerja

2.3 STRUKTUR ORGANISASI

2.4 KONSULTAN PENDAMPING (jika ada)

2.5 SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM

3. ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

3.1 PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN

KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI

1.

2.

3.

3.2 GAMBARAN PASAR

DATA NILAI PENJUALAN (3 – 5 TAHUN TERAKHIR)

KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN

PERSONAL SELLING

.............

...............................................................................................................................................

...............................................................................................................................................

PAMERAN

.............

...............................................................................................................................................

...............................................................................................................................................

BROSUR

.............

...............................................................................................................................................

...............................................................................................................................................

ADVERTISING / IKLAN

.............

...............................................................................................................................................

...............................................................................................................................................

3.3 TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA

3.4 TREND PERKEMBANGAN PASAR

PERKIRAAN JUMLAH DAN NILAI RATA-RATA PERMINTAAN PRODUK PER TAHUN

3.5 PROYEKSI PENJUALAN

3.6 STRATEGI PEMASARAN

PENGEMBANGAN PRODUK

........................

...............................................................................................................................................

...............................................................................................................................................

PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN

........................

...............................................................................................................................................

...............................................................................................................................................

KEGIATAN PROMOSI

........................

...............................................................................................................................................

...............................................................................................................................................

STRATEGI PENETAPAN HARGA

........................

...............................................................................................................................................

...............................................................................................................................................

3.7 ANALISIS PESAING

PESAING

KEUNGGULAN

KELEMAHAN

1.

2.

1.

2.

1.

2.

1.

2.

3.8 SALURAN DISTRIBUSI

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI

1. Wilayah Pemasaran

Lokal................... . %

Regional.............. . %

Nasional.............. . %

Ekspor................. . %

2. Jalur Distribusi

Individu

Industri

Pemerintah

Lain - Lain

Distributor

Retailer

Eksportir

3. Alamat Showroom / Counter Penjualan (Milik Perusahaan)

4.

5.

6.

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI YANG DIRENCANAKAN

1. Wilayah Pemasaran

Lokal................... . %

Regional.............. . %

Nasional.............. . %

Ekspor................. . %

2. Jalur Distribusi

Individu

Industri

Pemerintah

Lain - Lain

Distributor

Retailer

Eksportir

3. Rencana Lokasi Showroom / Counter Penjualan

1.

2.

3.

4. ANALISIS PRODUKSI

4.1 PROSES PRODUKSI

PROSES PRODUKSI

BAHAN BAKU

TEKNOLOGI

MESIN

KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI

1.

2.

3.

4.2 BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA

BAHAN BAKU

KEBUTUHAN

RATA-RATA PER BULAN

SUMBER

BAHAN PENOLONG

KEBUTUHAN

RATA-RATA PER BULAN

SUMBER

4.3 KAPASITAS PRODUKSI

FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI YANG DIMILIKI

*) tanah, bangunan, mesin dan peralatan produksi

KAPASITAS PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN

4.4 RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

1.

2.

3.

RENCANA PENAMBAHAN FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI

*) tanah, bangunan, mesin dan peralatan produksi

TARGET KAPASITAS PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN *)

*) setelah penambahan fasilitas dan mesin produksi

5. ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)

5.1 ANALISIS KOMPETENSI SDM

KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN

1.

2.

3.

5.2 ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN

Tingkat Pendidikan

Pengalaman (tahun)

Keterampilan Khusus

5.3 RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN

Jumlah Kebutuhan

Tenaga yang Tersedia

Tenaga yang Harus Direkrut

6. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

6.1 RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

STRATEGI PEMASARAN

......

...............................................................................................................................................

-

-

-

STRATEGI PRODUKSI

........

...............................................................................................................................................

-

-

-

STRATEGI ORGANISASI DAN SDM

.......

...............................................................................................................................................

-

-

-

STRATEGI KEUANGAN

.......

...............................................................................................................................................

-

-

-

6.2 TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA

KEGIATAN

bulan ke -

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12


7. ANALISIS KEUANGAN

7.1 LAPORAN KEUANGAN




7.2 RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI

1) sesuai dengan Bab 4.4 Rencana Pengembangan Produksi lihat tabel Rencana Penambahan Fasilitas dan Mesin Produksi

2) sesuai dengan Bab 7.3 Tahapan Pengembangan Teknologi Informasi lihat tabel Rencana Penambahan Peralatan dan Sistem Informasi



KETERANGAN:

Nilai Penerimaan tahun pertama (2001) sama dengan jumlah Penerimaan per bulan untuk tahun pertama (2001), begitu pula dengan nilai pengeluaran. Saldo kas awal tahun pertama (2001) adalah saldo kas awal bulan pertama.

7.4 RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN

TOTAL NILAI KEBUTUHAN PINJAMAN / MODAL *)

*) sesuai dengan PENERIMAAN PINJAMAN pada tabel RENCANA ARUS KAS untuk tahun pertama Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)

TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL INVESTASI *)

*) sesuai dengan Bab 8.2 Rencana Kebutuhan Investasi

TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL KERJA *)

*) total nilai kebutuhan pinjaman / modal dikurangi total nilai kebutuhan modal investasi

7.5 RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN

JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN *)

*) sesuai dengan masa berakhirnya pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)

MASA TENGGANG PEMBAYARAN *)

*) sesuai dengan masa tenggang pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)

7.6 AGUNAN YANG DIMILIKI

1. Jenis Agunan

2. Spesifikasi dan Keterangan Lain-Lain

3. Aspek Legalitas

4. Nilai Agunan

8. ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

8.1 DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR

-

-

-

8.2 DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN

-

-

-

8.3 ANALISIS RESIKO USAHA

-

-

-

8.4 ANTISIPASI RESIKO USAHA

-

-

-


LAMPIRAN

A. ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

STRENGTH (KEKUATAN): sebutkan asset atau hal yang paling berharga dalam organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.

1. PRODUK

Harga jual

Mutu produk

Desain dan variasi produk

Perlengkapan (feature) tambahan

Pengemasan & label

2. FUNGSI PEMASARAN

Promosi dan iklan

Tenaga sales

3. DISTRIBUSI DAN PERSEDIAAN

Kecepatan distribusi

Ketepatan waktu pengiriman

Ketersediaan barang

4. PELAYANAN PELANGGAN

Keramahan pelayanan

Pelayanan purna jual

5. ORGANISASI DAN SDM

Wewenang dan delegasi

Rekrutmen dan penempatan

Tingkat keahlian khusus

Tingkat pendidikan

Pengalaman kerja

Jumlah tenaga kerja

6. SISTEM MANAJEMEN

Sistem pembukuan (akuntansi)

Sistem administrasi

7. PRODUKSI

Biaya produksi

Perencanaan produksi

Kapasitas produksi

Kemampuan pemenuhan order

Fasilitas produksi

Penanganan limbah produksi

8. TEKNOLOGI

Penggunaan teknologi modern

9. PEMANFAATAN TI

Pemahaman manfaat TI

Ketersediaan perangkat keras

Ketersediaan perangkat lunak

Kemampuan operator

10. LAIN-LAIN, SEBUTKAN:

WEAKNESS (KELEMAHAN): sebutkan permasalahan utama yang timbul di dalam organisasi / perusahaan anda saat ini, berikan komentar seperlunya.

1. PRODUK

Harga jual

Mutu produk

Desain dan variasi produk

Perlengkapan (feature) tambahan

Pengemasan & label

2. FUNGSI PEMASARAN

Promosi dan iklan

Tenaga sales

3. DISTRIBUSI DAN PERSEDIAAN

Kecepatan distribusi

Ketepatan waktu pengiriman

Ketersediaan barang

4. PELAYANAN PELANGGAN

Keramahan pelayanan

Pelayanan purna jual

5. ORGANISASI DAN SDM

Wewenang dan delegasi

Rekrutmen dan penempatan

Tingkat keahlian khusus

Tingkat pendidikan

Pengalaman kerja

Jumlah tenaga kerja

6. SISTEM MANAJEMEN

Sistem pembukuan (akuntansi)

Sistem administrasi

7. PRODUKSI

Biaya produksi

Perencanaan produksi

Kapasitas produksi

Kemampuan pemenuhan order

Fasilitas produksi

Penanganan limbah produksi

8. TEKNOLOGI

Penggunaan teknologi modern

9. PEMANFAATAN TI

Pemahaman manfaat TI

Ketersediaan perangkat keras

Ketersediaan perangkat lunak

Kemampuan operator

10. LAIN-LAIN, SEBUTKAN:

OPPORTUNITIES (PELUANG): sebutkan kesempatan atau peluang yang datangnya dari luar organisasi yang mungkin dapat diraih oleh organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.

1. PERSAINGAN

Persaingan untuk usaha sejenis

Persaingan untuk produk substitusi

Produk import

2. PEMODALAN

Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan)

Kemudahan mendapatkan pinjaman

Tingkat suku bunga kredit

3. KEBIJAKAN PEMERINTAH

Perijinan dan birokrasi

Peraturan pemerintah

Perpajakan

Kemudahan pengurusan eksport

Kebijakan fiskal

4. PELUANG PASAR

Akses dan informasi pasar

Permintaan pasar

Perilaku pasar

5. PROTEKSI PASAR EKSPORT

Proteksi pasar eksport

6. KEMAJUAN TEKNOLOGI

Perkembangan teknologi produksi

Perkembangan TI

7. TENAGA KERJA

Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan

Serikat pekerja

8. BAHAN BAKU

Mutu bahan baku

Fluktuasi harga bahan baku

Ketersediaan bahan baku

9. MASYARAKAT SEKITAR

Tuntutan lembaga konsumen

Sikap masyarakat terhadap produk

10. KONDISI PEREKONOMIAN

Kondisi perekonomian dan perbankan (keuangan)

Tingkat suku bunga deposito

11. LAIN-LAIN, SEBUTKAN:

THREATS (HAMBATAN): sebutkan ancaman atau hambatan yang datangnya dari luar organisasi yang mungkin dapat diraih oleh organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.

1. PERSAINGAN

Persaingan untuk usaha sejenis

Persaingan untuk produk substitusi

Produk import

2. PEMODALAN

Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan)

Kemudahan mendapatkan pinjaman

Tingkat suku bunga kredit

3. KEBIJAKAN PEMERINTAH

Perijinan dan birokrasi

Peraturan pemerintah

Perpajakan

Kemudahan pengurusan eksport

Kebijakan fiskal

4. PELUANG PASAR

Akses dan informasi pasar

Permintaan pasar

Perilaku pasar

5. PROTEKSI PASAR EKSPORT

Proteksi pasar eksport

6. KEMAJUAN TEKNOLOGI

Perkembangan teknologi produksi

Perkembangan TI

7. TENAGA KERJA

Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan

Serikat pekerja

8. BAHAN BAKU

Mutu bahan baku

Fluktuasi harga bahan baku

Ketersediaan bahan baku

9. MASYARAKAT SEKITAR

Tuntutan lembaga konsumen

Sikap masyarakat terhadap produk

10. KONDISI PEREKONOMIAN

Kondisi perekonomian dan perbankan (keuangan)

Tingkat suku bunga deposito

11. LAIN-LAIN, SEBUTKAN:


B. KELENGKAPAN PERIJINAN



C. PETA LOKASI



D. FOTO PRODUK



E. DOKUMENTASI PRODUKSI

Rabu, 17 Agustus 2011

mempercepat koneksi

Bagi anda yang suka browsing tentunya penggunaan internet menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Apalagi jika hal tersebut menyangkut pekerjaan. Misal untuk cek email, update blog, mencari informasi dan lain sebagainya. Jika koneksi internet anda sudah broadband, 3G dan sekelasnya mungkin tidak terlalu bermasalah (bukan berarti tidak ada masalah sama sekali lho…). Namun jika koneksi internet anda masih menggunakan dial up apalagi masih menggunakan GPRS dari HP sebagai modemnya, anda terpaksa harus sedikit bersabar dengan koneksi internet yang “lemot” bagaikan bekicot heeeeee………. Kita bisa meminimalkan agar koneksi internet tidak terlalu lambat banget. Sebenarnya ada banyak tool/applikasi yang bisa dipakai untuk mempercepat koneksi internet baik yang gratisan atau yang berbayar seperti Speed ConnectInternet Accelerator, web accelerator, ashampho internet accelerator, fosSpeedconsole dll. Pada postingan kali ini saya akan bahas cara mempercepat Koneksi Internet dengan tweak registry pada komputer kita dan tweak konfigurasi browser Mozilla Firefox. Mudah-mudahan dengan tips dan trik berikut ini koneksi internet yang kita gunakan sedikit menjadi lebih baik. Ada beberapa settingan yang harus dirubah di registry komputer kita, seperti Setting Shared Folder dan boot jika komputer kita terhubung dengan jaringan komputer lain, setting file temporary pada browser, Cache DNS, mengurangi Bandwidth Update Windows dll. Kali ini yang akan kita lakukan adalah Optimalisasi DNS Lookup. Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan atau mempercepat koneksi internet, dan untuk mengubahnya kita bisa menggunakan software TCP/IP Optimizer. Namun kali ini yang akan kita lakukan adalah dengan tweak registry yang ada di komputer kita (tanpa software). Caranya : 1. Klik menu Start > Run 2. Pada kotak dialog Run ketikkan regedit, lalu klik OK. 3. Run 4. Sekarang kita cari alamat registry ini : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Current ControlSet\Services\Tcpip\ServiceProvider. 5. Setelah kita berada di direktori ServiceProvider ubah nilai-nilai dibawah ini semuanya menjadi 1. * DnsPriority=1 * HostsPriority=1 * LocalPriority=1 * NetbtPriority=1 6. Tutup registry restart komputer. === Tweeking Firefox ==== Peringatan !!! : Saya tidak menyarankan anda untuk melakukan cara ini jika anda belum mahir betul. Tweaking ini sendiri sebenarnya dikeluarkan oleh pengembang firefox jadi tidak sembarang tweaking, namun jika anda berani mencoba resiko ditanggung sendiri yaaa kalau anda salah memasukkan nilainya, karena setelah tweaking tidak ada opsi/menu untuk mengembalikan settingan default firefox, untuk mengembalikan ke default harus dilakukan secara manual atau harus install ulang Mozilla Firefoxnya. Jadi jika anda berani melakukannya tolong dicatat satu persatu semua perubahan tweaking yang anda lakukan. 1. Ketik : “about:config” tanpa tanda petik di firefox anda kemudian enter. 2. Akan keluar peringatan seperti ini : 3. tweak mozilla firefox 4. Klik Saya berjanji akan berhati-hati, setelah itu akan keluar sebuah settingan untuk tweaking firefox. 5. about-config-mozilla 6. Untuk merubahnya, klik 2 kali pada masing-masing nama pengaturan dan masukkan data perubahannya. 7. Jika data dibawah tidak terdapat dalam settingan default firefox, klik kanan pilih New. Untuk data berupa angka, pilih Integer, untuk true/false pilih Boolean.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar